Universitas Abdurrab, 22 Januari 2024 – Dalam langkah strategis untuk memperluas jangkauan penelitian dan memperkaya kualitas pendidikan fisioterapi serta implementasi kerjasama yang telah terjalin, Universitas Abdurrab telah menyelenggarakan pertemuan penting dengan David Blow, CEO Neuromuscular Taping Institute. Pertemuan ini dipimpin oleh Rektor Universitas Abdurrab, Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Phd yang turut didampingi oleh Wakil Rektor I Ibu Apt. Isna Wardaniati, M.Farm, Ketua Program Studi Sarjana Fisioterapi Yose Rizal, S.S.T., M.K.M., Ftr,  serta sejumlah dosen.

Diskusi yang berlangsung penuh antusiasme ini membahas 2 riset bersama antara dosen di Program Studi Fisioterapi Universitas Abdurab dan fisioterapis di Italia. Dalam suasana yang penuh semangat dan aspirasi, para pemangku kepentingan membahas rencana untuk menggali berbagai aspek fisioterapi yang belum terjamah secara luas, dengan fokus pada teknik Neuromuscular Taping yang inovatif.

Pertemuan yang juga dihadiri oleh David Blow, penemu teknik Neuromuscular Taping (NMT) sekaligus CEO Neuromuscular Taping Institute, menandai langkah penting dalam menghadirkan perspektif global dalam penelitian dan praktik fisioterapi. Dalam dialog yang bersemangat, Blow menyampaikan keyakinannya akan potensi kolaborasi ini dalam meningkatkan pemahaman tentang penggunaan teknik Neuromuscular Taping dalam berbagai kondisi kesehatan.

Kerja sama antara Universitas Abdurrab dengan Neuromuscular Taping Institute sendiri telah berlangsung sejak tahun 2016 dengan memberikan pelatihan kepada mahasiswa Fisioterapi Universitas Abdurrab sehingga lulusan Prodi Fisioterapi Universitas Abdurrab selain mendapatkan ijazah dan gelar akademik juga mendapatkan sertifikat internasional; Neuromuscular Taping Certified (NMTC). Selain itu juga beberapa tahun terakhir telah dilakukan kegiatan berupa Volunteer atau Pengabdian kepada masyarakat. Untuk tahun ini dilakukan penelitian kolaboratif antara dosen-dosen Program Studi Sarjana Fisioterapi Universitas Abdurrab dengan Fisioterapis di Italia sehingga realisasi dari kerjasama yang terjalin mencakup Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tercapai

Salah satu momen krusial dalam pertemuan adalah penjajakan kesepakatan MoU antara Universitas Abdurrab dan Universitas La Sapienza Roma. Langkah ini diharapkan dapat membuka pintu bagi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara kedua institusi, serta memfasilitasi penelitian bersama yang berkelanjutan.

“Kami percaya bahwa kolaborasi internasional seperti ini akan membawa dampak positif yang signifikan dalam pengembangan ilmu fisioterapi dan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat,” ungkap Prof. Susi Endrini, S.Si., M.Sc., Phd, Rektor Universitas Abdurrab.

Pertemuan ini mencerminkan komitmen Universitas Abdurrab dalam menghadirkan kolaborasi yang berarti dan memberikan kontribusi nyata dalam bidang fisioterapi global. Diharapkan, langkah-langkah ini akan membawa kemajuan yang berkelanjutan dalam pemahaman dan penerapan praktik fisioterapi di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post PRAKTEK BELAJAR LAPANGAN (PBL) MAHASISWA DIII FISIOTERAPI T.A 2022/2023
Next post Kuliah Pakar David Blow: Memperbarui Teknik Neuromuscular Taping untuk Masalah Fisik