Home
Pages
Profil Prodi Fisioterapi

Profil Prodi Fisioterapi


Program Studi D-III Fisioterapi Universitas Abdurrab sebelumnya bernama Akademi Fisioterapi (AKFIS) di bawah Yayasan Abdurrab Pekanbaru. Berdiri sejak 11 Februari berdasarkan SK Yayasan Abdurrab Pekanbaru nomor 011/YAR-B/SK/II/2001 dengan SK Operasional izin Mentri Kesehatan Republik Indonesia bedasarkan SK Mentri Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Republik Indonesia nomor: 90/D/O/2002 tertanggal 13 Mei 2002. Kemudian pada tahun 2005 AKFIS Yayasan Abdurrab bergabung di bawah naungan Universitas Abdurrab dengan izin Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor: 76/D/O/2005 menjadi Program Studi D-III Fisioterapi dan merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab.Berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan No. HK.00.04.4.3.2.00976 tanggal 9 Juni 2008 Program Studi D-III Fisioterapi Universitas Abdurrab ditetapkan memeprolah jenajng akreditasi B dengan nilai 79.00. Berdasarkan Keputusan Badan Perguruan Tinggi tanggal 11 Mei 2012 Program Studi D-III Fisioterapi Universitas Abdurrrab telah diakreditasi oleh BAN-PT dengan nilai C dan pada saat ini (tahun 2017) sedang dalam proses pengajun Akreditasi LAMPT-Kes.

Program Pendidikan D-III Fisioterapi Universitas Abdurrab yaitu 6 semester atau 3 tahun dengan beban SKS 115 SKS (Teori 54 SKS dan Praktek 61 SKS). Profil LUlusan Program Studi D-III Fisioterapi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Abdurrab yaitu:

  1. Pelaksana Teknis Profesional (Teknisi Fisioterapi / Fisioterapis) dengan karakter Islami
  2. Komunikator Islami
  3. Pembelajar / Asisten Peneliti (Edukator) yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai-nilai Islami
  4. Pengelola Pelayanan Fisioterapi dengan etika Islami

 

Praktek belajar lapangan merupakan suatu kebutuhan kurikulum dalam rangka mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama proses perkuliahan dengan tujuan untuk menghasilkan Ahli Madya Fisioterapi (dengan gelar akademik Amd.Ftr) yang mampu bersaing di globalisasi dunia kerja. Pada semester 2 dan 4 mahasiswa Program Studi D-III Fisioterapi Universitas Abdurrab menjalani Praktek Preklinik I dan II, dan pada semester 6 mahasiswa menajalni Praktek Belajar Lapangan (PBL). Adapun beberapa tempat praktek yang menjadi tempat pelaksnaan Praktek mahasiswa yaitu:

  1. Rumah Sakit Ortopedi Prof.Dr.Soeharso Surakarta
  2.  Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Surakarta
  3. Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta
  4. Pediatric Neurodevelopmental Therapy Center (PNTC) Surakarta
  5. Rumah Sakit Ortopedi Purwokerto
  6. Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi
  7. RSUD Arifin Achmad Pekanbaru
  8. Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru
  9. Klinik Special Kids Peknabaru
  10. Rumah Sakit Ibnu Sina Pekanbaru
  11. RSUD Dumai
  12. RSUD Taluk Kuantan