Home
news
Pusat Kajian dan Pengobatan Kanker Riau

Pusat Kajian dan Pengobatan Kanker Riau


Selasa, 2017-03-07 - 08:38:09 WIB

UNIVRAB. Jum’at pagi (24/02) Perhimpunan Biokimia & Biologi Molekur Indonesia (PBBMI) mengadakan acara seminar Approaches in Disclosing Anti-Cancer Property. Acara tersebut diikuti ratusan civitas akademia dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Kedokteran(FK) beberapa Perguruan Tinggi Nasional (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Riau, salah satunya Universitas Abdurrab.


Peserta seminar pagi itu disuguhkan dengan pemateri yang ahli dibidangya, drg. Ferry Sandra, Ph.D. Pria yang akrab dengan penggilan Ferry ini merupakan putra asli kelahiran Pekanbaru.Tercatat menjadi salah satu ekspertis Indonesia dibidang stem cell, oncology, herbal & regenarative medicine jebolan Harvard Medical School, US. Beliau juga aktif menjadi konsultan pendirian KalbeGEN dan Laboratorium PRODIA serta berbagai laboratorium molekuler di banyak universitas di Indonesia, termasuk diantaranya USU, UNPAD, UB, ITB dan UI.

Usai pelaksanaan seminar PBBMI melanjutkan acara Round Table Discussion (RTD). Hal yang menarik dari pertemuan antara perwailan perguruan tinggi di Riau dengan Asisten Presdir PRODIA, drg. Ferry Sandra, Ph.D itu adalah, adanya gagasan untuk mendirikan Laboratorium Terpadu Pengobatan Molekuler (khususnya Kanker) lintas universitas di Propinsi Riau.


Rektor Universitas Abdurrab (UNIVRAB) sangat mendukung gagasan tersebut. Pendirian ini menurut rektor akan dapat saling mendukung dan melengkapi satu dengan yang lain, terutama sekali dalam hal kelengkapan sarana-prasarana. Mengingat pentingnya kajian seputar diagnosis dan pengobatan kanker di sumatera khususnya, yang masih cukup tertinggal dibanding daerah lain di Indonesia, jelas Arisman yang hadir pada saat RTD.


Senada dengan rektor, Prof. Dr. Adel Zamri, MS, DEA dan Prof. Dr. Titania T.Nugroho,MSc dari Universitas Riau serta beberapa perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Riau & STIFAR Riau mendukung gagasan tersebut agar terlaksana.
UNIVRAB sendiri sedang mencadangkan penyusunan MoU antara Fakultas Kedokteran dan Akademi Analis Kesehatan UNIVRAB dengan Laboratorium Klinik PRODIA maupun Universitas Trisakti tempat dimana drg. Ferry Sandra sekarang berbasis (Ken Humas UNIVRAB)


Share Berita


Komentari Berita